Quiz 1

Nama : Layyinatul Fuadah
NRP   : 5025211207
Kelas : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja

Pertanyaan :

Pertanyaan :
  1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?
  2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.
  3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP
  4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..
  5. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.
Jawab : 

1. Framework adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis desktop atau aplikasi berbasis website. Dengan menggunakan framework akan lebih mudah untuk membuat aplikasi atau website. Berikut adalah beberapa komponen umum yang terdapat dalam struktur framework:

1. Library: Framework biasanya mencakup berbagai pustaka (library) yang berisi fungsi-fungsi dan modul-modul yang umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan kode yang sudah ada dan menghindari menulis kode yang sama berulang-ulang.

2. Struktur dasar: Framework menyediakan struktur dasar yang dapat digunakan untuk mengorganisasi kode aplikasi. Ini termasuk tata letak direktori, aturan penamaan file, dan pola desain umum.

3. Desain dan Pola (Patterns): Framework sering kali mengikuti pola desain (design patterns) yang telah terbukti dalam pengembangan perangkat lunak. Hal ini membantu dalam menciptakan perangkat lunak yang mudah dipahami, dikelola, dan diperbarui.

4. Komponen-komponen bawaan: Framework biasanya sudah dilengkapi dengan komponen-komponen yang umum digunakan dalam jenis aplikasi tertentu, seperti sistem manajemen database, sistem otentikasi, dan banyak lainnya. Ini mengurangi pekerjaan pengembang dalam mengembangkan komponen-komponen ini dari awal.

5. Kemudahan Pengujian: Framework sering memiliki fitur yang mempermudah pengujian perangkat lunak, termasuk dukungan untuk pengujian otomatis dan integrasi dengan alat pengujian.

6. Kinerja dan Keamanan: Banyak framework telah dioptimalkan untuk kinerja dan keamanan, dan mereka menerapkan praktik-praktik terbaik untuk mengurangi kerentanan keamanan.

7. Dokumentasi: Framework biasanya dilengkapi dengan dokumentasi yang kuat, termasuk petunjuk penggunaan dan contoh kode.

 kegunaanya Framework dalam pengembangan Perangkat Lunak :

  • Peningkatan Produktivitas: Penggunaan framework dapat menghemat waktu karena sebagian besar komponen dan logika dasar sudah ada. Ini memungkinkan pengembang fokus pada fitur-fitur khusus aplikasi.
  • Konsistensi: Framework membantu memastikan bahwa kode aplikasi mengikuti aturan dan pola desain yang konsisten, yang dapat memudahkan dalam pemeliharaan.
  • Kualitas Perangkat Lunak: Framework sering mencakup praktik terbaik dan pola desain yang dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak.
  • Keamanan dan Kinerja: Framework sering memiliki fitur keamanan dan kinerja yang sudah diuji dan dioptimalkan.

2.Pemilihan antara WinForms, WPF, dan UWP harus didasarkan pada kebutuhan proyek, tujuan, dan sumber daya yang tersedia. Untuk aplikasi desktop modern dengan tampilan yang menarik, WPF dan UWP adalah pilihan yang lebih unggul, sedangkan WinForms mungkin lebih sesuai untuk aplikasi desktop yang sederhana dan cepat dibangun.Tapi terdapat pertimbangan utama dan perbedaan antara ketiga metedoe tersebut yaitu : 

1. WinForms (Windows Forms):
  • Kemudahan Pengembangan: WinForms adalah pilihan yang baik jika Anda ingin cepat membangun aplikasi desktop dengan antarmuka pengguna yang sederhana. Ini cocok untuk aplikasi berbasis formulir dan tampilan yang relatif sederhana.
  • Performa: WinForms biasanya memiliki kinerja yang sangat baik untuk aplikasi desktop yang sederhana. Namun, jika Anda perlu menghadirkan antarmuka pengguna yang lebih modern dan interaktif, Anda mungkin perlu mempertimbangkan pilihan lain.
  • Keterbatasan Desain: WinForms memiliki keterbatasan dalam desain antarmuka pengguna yang lebih modern dan menarik. Tampilannya cenderung klasik dan kurang mendukung animasi dan efek grafis yang canggih.

2.  WPF (Windows Presentation Foundation):

  • Desain Antarmuka yang Kaya: WPF memungkinkan Anda untuk membuat antarmuka pengguna yang sangat kaya dan menarik. Ini memiliki dukungan yang kuat untuk gaya, animasi, 2D dan 3D grafik, serta tata letak yang fleksibel.
  • Pisah Data dan Tampilan: WPF memungkinkan Anda untuk memisahkan data dari tampilan dengan baik, menggunakan konsep binding data. Ini membuat kode lebih terorganisir dan mudah dipelihara.
  • Skalabilitas: WPF biasanya lebih cocok untuk aplikasi desktop yang lebih kompleks dan besar. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda merencanakan aplikasi dengan tampilan yang dinamis dan kompleks.
  • Keterbatasan Kinerja: Meskipun WPF sangat kuat dalam hal desain, ini mungkin membutuhkan sumber daya komputer yang lebih tinggi daripada WinForms, sehingga kinerja mungkin menjadi masalah jika Anda tidak mengoptimalkan kode dengan baik.

3. UWP (Universal Windows Platform):

  • Aplikasi Universal: UWP memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat Windows, termasuk desktop, tablet, ponsel, dan bahkan Xbox. Ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens dengan satu kode.
  • Modern dan Responsif: UWP memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi dengan desain modern, responsif, dan sesuai dengan gaya Windows 10. Ini sangat cocok untuk aplikasi yang akan digunakan pada perangkat berlayar sentuh dan tampilan yang beragam.
  • Keamanan: UWP memberikan tingkat keamanan lebih tinggi, karena aplikasi berjalan dalam kontainer yang terisolasi dan harus mengikuti pedoman keamanan Windows.
  • Keterbatasan Fungsionalitas: UWP mungkin memiliki beberapa keterbatasan dalam hal fungsionalitas tertentu, terutama jika Anda perlu akses tingkat rendah ke sistem operasi. Ini adalah pengorbanan yang harus dilakukan demi keamanan dan universalitas. 


3.  Winfor 

Dokumentasi:

Deskripsi:
Membuat aplikasi desktop sederhana, disini saya membuat Kalkulator Sederhana dengan menggunakan framework.NET.

Kalkulator ini bisa membantu untuk menghitung : 

- Penjumlahan (+)

- Pengurangan (-)

- Perkalian (*)

- Pembagian (/)



WPF

Dokumentas :


Deskripsi :
Membuat Dashboard Menggunakan WPF 
Dalam tugas 3 mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK), diminta untuk mengembangkan sebuah aplikasi sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# serta framework WPF. WPF menggunakan bahasa markup XAML untuk mendefinisikan tampilan aplikasi dengan jelas dan terpisah dari logikanya.


UWP

Dokumentasi:

Deskripsi:
Pada pertemuan ke-4, kita diberikan materi mengenai Universal Windows Platform (UWP). UWP atau Universal Windows Platform adalah platform pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membangun aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat berbasis Windows, termasuk komputer desktop, tablet, smartphone, Xbox, HoloLens, dan lainnya. UWP memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi dengan antarmuka pengguna yang responsif dan memiliki fitur-fitur modern yang konsisten di berbagai perangkat Windows. Oleh karena itu, kita diberikan tugas untuk berlatih membuat suatu aplikasi Photolab


4. Aplikasi Rich UI adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi perangkat lunak yang memiliki antarmuka pengguna (UI) yang sangat kaya dan canggih. Antarmuka pengguna kaya ini dapat mencakup berbagai fitur seperti elemen desain yang menarik, animasi, tata letak yang dinamis, efek visual, dan penggunaan grafis yang menonjol. Tujuan dari aplikasi Rich UI adalah untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih interaktif, menarik, dan intuitif.











 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas PBKK

Final Project